Jadilah yang Pertama

"baik atau buruk informasi yang anda sampaikan, yang pertama akan selalu diingat"

Kamis, 07 Maret 2013

Kota Sibolga Kagumi Perikanan Bitung

Ketua TP PKK kota Bitung Ny Josephien Sondakh Taroreh bersama wakil ketua Ny Khouni Lomban Rawung dan ketua dharma wanita persatuan (DWP) Ny Telly Humiang Muhaling, dan Sekkot, menjamu Kadis Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kota Sibolga, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga, Delmeria Syarfi Hutauruk bersama rombongan di rumah jabatan walikota Bitung di jalan SH Sarundajang, Kamis (28/2) .
Menurut Hutauruk maksud kedatangan di kota Bitung dalam rangka untuk melihat berbagai potensi perikanan dan industri pengolaan hasil perikanan. “ Kota Bitung identik dengan kota Sibolga dimana meiliki hasil laut yang melimpah terutama ikan, namun di kota Bitung memiliki kemajuan dalam pengelolaan ikan baik secara tradisonal maupun modern,” kata Hutauruk. Atas dasar itulah pihaknya memboyong sejumlah pengurus TP PKK Kota Sibolga datang ke Bitung untuk mencari tau apa dan bagaimana pengolahan potensi perikanan tersebut. “Kami tertarik datang disini, tentunya apa yang kami lihat saat ini akan menjadi motivasi sekaligus upaya untuk mengembangkan usaha perikanan di Kota Sibolga sebagaimana yang ada di kota Bitung kami akan kembangkan di Sibolga," pungkas istri dari Wali kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk.
mengaku kagum dengan potensi perikanan yang dimiliki Kota Bitung.
“Kami sangat terkesan dengan prestasi-prestasi yang dicapai Kota Bitung, terlebih khusus angka produksi dari sektor kelautan dan perikanan yang terus naik setiap tahunnya,” kata Damralius.
Ia sendiri mengaku tidak sia-sia datang ke Kota Bitung, karena tujuan kunjungan mereka untuk melihat langsung cara pengolahan industri perikanan dan kelautan. Apalagi ada banyak kemiripan antara Kota Bitung dan Kota Sibolga dari segi geografis maupun topografinya, serta sebagian besar mata pencarian masyarakat Sibolga adalah nelayan.
Sementara itu, Humiang menyambut baik kunjungan kerja Damralius dengan rombongan serta berharap dapat terjalinnya hubungan baik antara kedua kota yang sama-sama memiliki potensi kelautan dan perikanan.
Ia juga memaparkan secara singkat keadaan umum Kota Bitung yang saat ini sedang dalam proses menuju Minapolitan serta prestasi-prestasi yang dicapai terlebih khusus dibidang kelautan dan perikanan.
Bahkan ia juga menjelaskan pentingnya posisi TP-PKK yang mampu bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan program-program pemerintahan di Kota Bitung.
Sementara itu, hadir juga dalam pertemuan ini Assisten II, Dahlia Kaeng, Kadis Kelautan dan Perikanan, Hengky Wowor, Kadis Parawisata dan Kebudayaan, Benny Lontoh, Kaban Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah, Franky Sondakh, Kabag Humas, Erwin Kontu Kabag Umum dan Kaban TUP dan Kaban Ortal.
Dalam kesempatan tersebut, Humiang diajak untuk menari tor-tor, tarian tradisional Batak Sumatra Utara bersama Rawung
Pertemuan yang berlangsung penuh kekeluargaan tersebut dilanjutkan dengan jamuan kasih, setelah itu istri Wali kota Bitung Hanny Sondakh ini, mengajak rombongan TP PKK kota Sibolga untuk melihat industri pengelolaan ikan baik secara modern dan tradisonal. Seperti pengelolaan ikan kayu PT Celebes Mina Pratama di kelurahan Wangurer Timur,  pengelolaan ikan kaleng PT Delta Pacifik Indo Tuna Girian bawah, dan kelompok usaha ikan fufu atau cakalang fufu LANSA II di Girian weru II. 
 
 Selain itu rombongan melihat - lihat potensi pariwisata yang ada di kota Bitung seperti Kungkungan resort dan taman marga satwa Naemundung.
 

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Yahoo News: Top Stories