Jadilah yang Pertama

"baik atau buruk informasi yang anda sampaikan, yang pertama akan selalu diingat"

Senin, 26 September 2016

Penyuluh UPT Memediasi Stakeholder pada Kegiatan Sosialisasi Gemar Makan Ikan Di PPS Bitung



Sosialisasi merupakan suatu kegiatan yang sifatnya memberitahukan dan mengajak kepada kelompok atau  sosial/ orang banyak yang penyampaiannya secara umum tentang nilai suatu materi yang ingin disampaikan kepada. Ikan merupakan bahan pangan yang sangat baik bagi tubuh manusia karena ikan banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan seperti protein, mineral, asam amino, dan terutama omega-3.
Sosialisasi Gemar Makan Ikan adalah salah satu usaha Bidang Tata Kelola dan Pelayanan Usaha Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung dalam Pembinaan Mutu, Pengolahan dan pemasaran serta bentuk  Pengawasan terhadap Distribusi Ikan dengan memaparkan informasi-informasi seputar pentingnya mengkonsumsi ikan, tehnik melihat ikan yang masih segar (layak konsumsi) dan bahaya-bahaya yang ditimbulkan dari memakan ikan yang tidak sehat atau mengadung bahan pengawet berbahaya.
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, Tanggal 26 September 2016 bertempat di Aula PPS Bitung dibuka dengan resmi oleh Kabid Tata Kelola dan Pelayanan Usaha, Bapak Yantje Patti, yang didampingi oleh Kabid Operasional Pelabuhan dan Kesyahbandaran, Bapak Lumpat Sormin, Kabid Umum, Bapak Philipus W. Hidayat, dan juga  didampingi oleh Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Bitung serta Ketua Asosisiasi Kapan Perikanan Nasional. Penyuluh perikanan  memediasi peserta  yang hadir dalam kegiatan itu yang berjumlah 25 orang, terdiri dari Pengurus Kapal, Nahkoda Kapal, Perwakilan dari UPI yang ada di sekitar Kawasan PPS Bitung, dan stakeholder lainnya. 
Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat perikanan yang ada di Wilayah PPS Bitung untuk gemar mengkonsumsi ikan dan untuk menjelaskan tentang cara memilih ikan segar, dan bahaya penggunaan bahan pengawet berbahaya pada ikan segar. Metode dan sistematika kegiatan yaitu diskusi dan penggalian opini tentang pentingnya mengkonsumsi ikan, pemilihan ikan segar dan bahaya bahan pengawet makanan yang  berbahaya.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini akan timbul minat dan persepsi pada masyarakat perikanan akan pentingnya mengkonsumsi ikan segar, dapat memilih ikan segar dengat tepat serta dapat mengetahui bahaya penggunaan bahan pengawet makanan terutama formalin dan boraks. Menjadikan ikan sebagai bahan pangan pilihan utama dengan memperhatikan tingkat kesegaran ikan tersebut, serta dapat terus mengkampanyekan Gemar Makan Ikan agar tercipta generasi yang cerdas.

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Yahoo News: Top Stories