Jadilah yang Pertama

"baik atau buruk informasi yang anda sampaikan, yang pertama akan selalu diingat"

Selasa, 02 April 2013

PROFIL POKLAHSAR USTAFU

Pada kesempatan sebelumnya kami menulis tentang USTAFU yakni tempat usaha pengolahan ikan cakalang asap, atau bahasa manadonya Usaha Tampa fufu (bisa anda kunjungi link berikut ini: http://penyuluhppsbitung.blogspot.com/2013/04/mengenal-lebih-dekat-dengan-ustafu.html)


Kali ini kita akan menguraikan sekilas tentang profil kelompok pengolahan dan pemasaran (POKLAHSAR) USTAFU itu sendiri. Pada posting sebelumnya sudah kita ketahui bahwa Sentra pengolahan cakalang fufu di Kota Bitung terdapat di wilayah Kecamatan Girian. Banyaknya masyarakat yang mengolah ikan cakalang fufu, sehingga dibentuklah kelompok pengolah cakalang fufu untuk memanfaatkan potensi sumberdaya ikan yang ada dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu kelompok pengolah cakalang fufu tersebut yaitu kelompok Ustafu, yang diambil dari singkatan Usaha Tampa(tempat,red)  Fufu(asap,red). Kelompok  yang diketuai oleh ibu Marwiah Lahadji ini merupakan kelompok tertua di Kota Bitung, berdiri pada tanggal 10 Nopember 1996 dengan jumlah anggota sebanyak 20 orang. Sejarah berdiri karena di wilayah Girian banyak masyarakatnya yang mengolah ikan cakalang fufu sehingga bisa dikatakan sentra pengolahan cakalang fufu di Bitung. Melihat hal ini maka dibentuklah kelompok ibu-ibu pengolah  cakalang fufu untuk meningkatkan kesejahteraan anggota kelompoknya.
Kelompok Ustafu telah banyak menerima bantuan atau program-program pemerintah dalam mendukung kegiatan kelompok ini.  Produk yang dihasilkan oleh kelompok Ustafu antara lain adalah tepung ikan, bakasang, woku dan ikan cakalang fufu sebagai produk unggulan.

  1. Visi kelompok : Meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok

  2. Misi kelompok :

  • Menumbuhkan rasa kebersamaan dan solidaritas antar anggota kelompok
  • Meningkatkan pendapatan anggota kelompok
  • Menambah / membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.
  • Menjalin kemitraan dengan instansi terkait mapun lembaga keuangan.



 
Selain melakukan proses pengolahan cakalang fufu, dilakukan juga kegiatan pertemuan kelompok dan dilaksanakan setiap seminggu sekali pada hari Sabtu sore di rumah anggota kelompok secara bergiliran. Pertemuan ini dilaksanakan untuk saling bertukar informasi atau pemecahan permasalahan yang menyangkut kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil. Pada pertemuan ini juga dilaksanakan kegiatan arisan kelompok dan pembayaran iuran kas kelompok.
Pada awal bulan maret kemarin, Ustafu telah mengadakan pelatihan kepada  anggota Usaha Kecil Menengah (UKM) dan kelompok PKK dari kota Balikpapan selama 4 hari mulai tanggal 5 maret sampai dengan 9 maret 2013. Kegiatan Pelatihan Peningkatan Teknologi Industri Perikanan ini merupakan kerjasama antara Disperindag Kota Balikpapan dan Disperindag Kota Bitung. Dalam kegiatan itu, ketua Kelompok Ustafu, ibu Marwiyah sebagai Pelatih mengadakan demonstrasi cara pengolahan cakalang fufu dan juga pengolahan limbah cakalang menjadi bakasang, woku, dan tepung ikan.
 
Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan kunjungan oleh Koordinator Wilayah Regional IV Pusat Penyuluh Penyuluh Perikanan ke kelompok Ustafu, bapak Ir. Surya Darma, didampingi oleh LO (bapak Lucky Ruhyan Ganis, S.St.Pi, dan Rosadi, S.St.Pi), serta penyuluh perikanan. Pada pertemuan itu disebutkan bahwa Poklahsar Ustafu bisa mengusulkan untuk menjadi calon peserta Lomba GEMPITA Regional IV yang akan dilaksanakan pada tahun ini.
 












Tidak ada komentar:

Entri Populer

Yahoo News: Top Stories

Newsreel

Loading...