Jadilah yang Pertama

"baik atau buruk informasi yang anda sampaikan, yang pertama akan selalu diingat"

Jumat, 07 Agustus 2015

TEMU WICARA KEPALA BPSDMKP DENGAN PENYULUH PERIKANAN DALAM RANGKA WISUDA TARUNA POLITEKNIK BITUNG






Manado – Setelah melantik 117 Taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM-KP) bapak Suseno Sukoyono melakukan Temu Wicara dengan Penyuluh Perikanan se Sulawesi Utara Kamis 6 Agustus 2015. Kepala BPSDM-KP didampingi oleh Kapusdik, Direktur Politeknik Bitung, Direktur Politeknis Sidoarjo, dan Kepala BP3 Aertembaga. Hadir pada kesempatan itu adalah penyuluh perikanan yang ditempatkan di UPT KKP (Penyuluh  Perikanan PPS Bitung dan BPBAT Tatelu), Penyuluh perikanan Kota Bitung dan Penyuluh perikanan Minahasa Utara, Penyuluh Perikanan Bantu, dan penyuluh Swadaya.
"Politeknik ini merupakan salah satu satuan pendidikan KKP yang menerapkan sistem pendidikan vokasi dengan pendekatan teaching factory yaitu 60 persen praktik dan sisanya 40 persen teori," kata Sukoyono di Bitung.

Satuan pendidikan ini adalah penjuru/rujukan (center of exellence) bagi sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi yang menyelenggakan program studi kelautan perikanan. Sejak diresmikan Menteri Kelautan dan Perikanan 14 Juli lalu, kata dia, perguruan tinggi yang awalnya Akademi Perikanan Bitung ini menyelenggarakan tiga program studi yaitu teknik penangkapan ikan, mekanisasi perikanan dan teknologi pengolahan produk perikanan.

"Selain memperoleh ijazah, para lulusan juga memperoleh sertifikat keahlian berstandar internasional," katanya. Sertifikat tersebut yaitu, ahli nautika kapal penangkap ikan tingkat satu, ahli teknika kapal penangkap ikan satu, serta "basic safety training". Selanjutnya, kompetensi penangkap ikan, kompetensi mesin pendingin, medical first aid, scuba divers, penangkapan ikan, serta perawatan dan pemeliharaan mesin kapal.

Himbauan kepada penyuluh perikanan yang hadir pada kegiatan tersebut adalah “Penyuluh diharapkan untuk dapat mendukung program KKP dan untuk bisa terlibat aktif dalam pengembangan Tecnopark (Program Taman Teknologi KKP 2015-2019) serta Lebih Meningkatkan Etos Kerja untuk menghadapi perkembangan Global saat ini.

Pada kesempatan itu juga dilakukan Video Confrence dengan ibu Menteri KKP yang menghimbau kepada lulusan Taruna/i Politeknik KP Bitung untuk membantu pembangunan serta mendedikasikan kepada pengembangan dunia Kelautan dan Perikanan Indonesia. “Putra-putri terbaikku, bekerjalah di Perusahaan Dalam Negeri, Tinggalah dan Majukan Negeri, Mari Bangun bersama menuju Poros Maritim Dunia” Lanjut Beliau.

Sebanyak 117 taruna yang diwisuda, 67 lulusan berasal dari program keahlian teknik penangkapan ikan, 50 orang mekanisasi perikanan, hingga tahun ini Politeknik Kelautan Perikanan telah meluluskan sebanyak 1.207 orang. 
(Editor : Abdul Karim/ PP PPS Bitung)



Kilas Foto :





Tidak ada komentar:

Entri Populer

Yahoo News: Top Stories