Jadilah yang Pertama

"baik atau buruk informasi yang anda sampaikan, yang pertama akan selalu diingat"

Kamis, 05 Maret 2015

STUDY BANDING DPRD-KAB. KEPULAUAN SELAYAR DI PPS BITUNG

PPS Bitung, 4 Mar 2015- Komisi II DPRD Kab. Kepulauan Selayar bidang Kelautan dan Perikanan melakukan Studi Banding ke Kota Bitung- Sulawesi Utara. Rombongan DPRD berjumlah 7 orang ini dipimpin langsung oleh Ketua Tim Komisi II DPRD Kab. Kepulauan Selayar dari Fraksi PKS, Arfianto ST, dengan anggota Awiluddin,SH dari Fraksi GERINDRA, Hj. Sitti Sofiah,S.Ag Fraksi PPP, Muhammad Ardi,S.Sos dan Abdul Rajab dari Fraksi GOLKAR, Miswar Wahyudi dari Fraksi DEMOKRAT, dan terakhir Tanri Bangun Patta dari Fraksi PAN.

Rombongan yang ikut hadir di AULA kantor  Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung ini dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kepualuan Selayar - Sulawesi Selatan sebanyak 7 orang , dan dari perwailan KUB. Harapan Bersama diterima oleh Kepala Bidang Tata Usaha, Lumpat Sormin, A.Pi  sebagai pelaksana tugas harian  Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung (PPS Bitung).


Ketua Tim Komisi II DPRD Kab. Kep. Selayar, Arfianto ST, menjelaskan, kunjungan mereka ke PPS Bitung ingin “belajar banyak” tentang Bitung sebagai kawasan Ekonomi Khusus sehingga dapat memberikan wawasan dan masukan ke Pemerintah Daerah tentang pengembangab sektor perikanan, khususnya bidang perikanan tangkap. “kami memiliki kepentingan untuk mengawal kegiatan pengembangan perikanan dalam hal anggaran dan regulasi. Diharapkan dengan kunjungan ini bisa memberikan masukan ke daerah sehingga potensi perikanan yang luar biasa di Selayar dapat dimanfaatkan sebesar mungkin untuk kesejahteraan masyarakat lokal. Pada Kesempatan itu beliau menayakan soal pengembangan Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung sehingga bisa menjadi salah satu Pelabuhan penting di ujung Timur Indonesia. Adapun beberapa pertanyaan lainnya adalah tentang daerah penangkapan, ukuran dan jumlah Armada Kapal Perikanan, Sistem Pengelolaan TPI serta konsep dasar pengembangan TPI serta fasilitas awal yang harus disediakan untuk menunjang kegiatan di TPI.

Dalam sambutannya bapak Lumpat Sormin, A.Pi memaparkan tentang konsep pengembangan PPS Bitung dalam  mendukung Ecoport dan sebagai Kota Industrialisasi Perikanan di wilayah Timur Indonesia, serta beliau siap membagi semua pengetahuan dan pengalaman yang sudah ada. Beliau berharap kedepannya Kab. Kepulauan Selayar bisa juga seperti Kota Bitung dalam hal pengembangan Pelabuhan Perikanan dan semoga tali silaturahmi bukan sampai saat ini saja, tetapi bisa berlanjut dikemudian hari.

Kegiatan itu berjalan dengan baik, saling belajar dan berbagi pengalaman dengan nuansa penuh kekerabatan dan keakraban. Setelah pertemuan di Aula, Rombongan langsung meninjau UPI yang ada di kawasan PPS Bitung serta melihat kondisi real dermaga, TPI, Kolam Pelabuhan, dan Kapal Perikanan yang bersandar di dermaga PPS Bitung.


Laporan : Abdul Karim/ Penyuluh Perikanan


GALERI FOTO :





Tidak ada komentar:

Entri Populer

Yahoo News: Top Stories