Jadilah yang Pertama

"baik atau buruk informasi yang anda sampaikan, yang pertama akan selalu diingat"

Rabu, 04 Mei 2011

Mengharapkan Pioner Pencinta Lingkungan Tumbuh di PPS Bitung

KEGIATAN BERSIH-BERSIH PANTAI
(Tanggal 25 Maret 2011, Lokasi: Aertembaga,Bitung-Sulut)

Kegiatan bersih pantai bukan hanya sekedar mengumpulkan sampah (limbah padat) yang ditemui di pantai, tapi lebih dari itu yaitu menumbuhkan kesadaran tentang perlunya kebutuhan kondisi lingkungan pantai dan laut yang bersih. Bila telah ada rasa kebutuhan akan lingkungan pantai dan laut yang bersih dari tiap individu, maka akan muncul pertanyaan yang harus dijawab, yaitu darimana sumber sampah itu berasal? dan apa arti semua itu?. Hal ini sangat penting, karena membersihkan pantai yang kotor menjadi bersih bukanlah tujuan utama dari kegiatan bersih pantai ini. Hal ini yang membedakan kegiatan ini dari hanya sekedar membersihkan sampah di pantai.
Kegiatan bersih Pantai ini diharapkan dapat menghasilkan pioner-pioner pecinta lingkungan pesisir dan laut, yang akan menjadi pelopor di lingkungan terdekatnya masing-masing, sehingga kondisi wilayah pesisir dan laut di wilayah kita masing-masing dapat terjaga dengan baik. Sekecil apapun upaya yang kita lakukan untuk menjaga kondisi lingkungan kita, itu lebih baik daripada kita tidak melakukan sesuatu yang positif untuk lingkungan kita. Bila semua individu mempunyai pemikiran yang sama, dan terus tumbuh kembangkan dilingkungan terdekatnya, upaya yang tampaknya hanya hal kecil, namun pada akhirnya akan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan kita.
Sehubungan dengan hal itu, Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung sejak awal tahun 2011 mulai menggelar kegiatan bersih-bersih pantai. Kegiatan yang dilakukan pada bulan Maret dan lebih tepatnya pada hari Jum’at tanggal 25 Maret 2011 ini dimulai sejak pukul 07.00 sampai dengan 11.00 Wita. Peserta yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil dan Tenaga Kontrak PPS Bitung melakukan penyisiran dan membersihkannya dari sampah-sampah yang berserakan di sepanjang pantai dan dermaga Pelabuhan Bitung.
Diharapkan dengan adanya kegiatan bersih-bersih pantai yang dilakukan oleh pegawai Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung ini dapat memberikan motivasi juga kepada pengunjung yang datang ke Pelabuhan atau masyarakat sekitar Pelabuhan untuk lebih peduli pada kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di pinggir pantai dan sudah sepantasnya juga peduli terhadap kebersihan di seputaran Pantai dan dermaga Pelabuhan Bitung.

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Yahoo News: Top Stories