Jadilah yang Pertama

"baik atau buruk informasi yang anda sampaikan, yang pertama akan selalu diingat"

Selasa, 24 Februari 2015

PPS BITUNG MEMFASILITASI MASYARAKAT PERIKANAN UNTUK BERDIALOG DENGAN DPR RI


Komisi IV DPR-RI yang membidangi Sektor Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Perkebunan serta Tanaman Pangan dan Bulog berjumlah 7 orang dipimpin Ketua Komisi IV Eddy Prabowo MM MBA, Senin (23/2/2015) melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara, sekaligus melakukan pertemuan dengan Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung dan  seluruh stakeholder perikanan yang ada di Bitung. Hadir dalam pertemuan itu adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut dan Kabupaten Bitung, Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Akademi Perikanan Bitung (AKP, Unit  Produksi Pengelolaan Perikanan, Perwakilan dari beberara Asosiasi Nelayan yang di Bitung, Nahkoda dan Pengurus kapal Ikan.  
Pada kesempatan tersebut, Kepala PPS Bitung Ir Frits P Lesnussa Msi memaparkan tentang rencana Pengembangan Pelabuhan Bitung menjadi pelabuhan export/import dan Pengembangan PPS Bitung berstandar internasional (Eco-Fishing Port) . Tujuannya SEBAGAI PINTU GERBANG ASIA PASIFIK MAKA AKAN DI BANGUN SECARA BESAR BESARAN UNTUK MENYAINGI/PENYANGGA PELABUHAN PERIKANAN GENSAN DI PHILIPINA.  Lanjut beliau bahwa  Produksi pada tahun 2013 sebesar 73.026,14 ton dan pada   tahun 2014 sebesar 111.315,53 ton, mengalami kenaikan  
52,45%. Untuk Jumlah Armada kapal perikanan berpangkalan di PPS Bitung sebanyak
1.410      Unit sedangkan Jumlah Unit Pengolahan Ikan (UPI) di Bitung sebanyak 55 unit, 
yang berada di kawasan  PPS Bitung sebanyak 9 unit. Jumlah tenaga kerja di PPS Bitung tahun 2014 sebanyak  11.682  orang yang tediri dari nelayan 9.329 orang dan  non nelayan  2.353 orang . Dalam pemaparan terakhir beliau mengemukakan bahwa untuk RENCANA USULAN  PENGEMBANGAN PELABUHAN BERBASIS ECO FISHING PORT  di PPS Bitung  mengusulkan : 1) PENGEMBANGAN REKLAMASI sebesar  USD 2,580,160.94, 2) PENGEMBANGAN DERMAGA sebesar  USD  9,600,000.00, 3)FASILITAS PENDUKUNG LAINNYA USD  3,605,000.00 .

Selain itu, Walikota Bitung,  Hanny Sondakh  memaparkan gambaran kota Bitung yang merupakan kota Industri khususnya industri perikanan sekaligus menyampaikan apresiasi dan bangga Kota Bitung dijadikan sebagai daerah tujuan kunjungan kerja Komisi IV DPR RI. “Mudah-mudahan kunjungan ini akan memberikan dampak bagi pembangunan industri perikanan kota Bitung,” tutur Hanny Sondakh.
Dihadapan Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo dan rombongan, berbagai masalah yang disampaikan Sondakh, diantaranya menurunya hasil produksi industri perikanan yang memicu terjadinya pengurangan tenaga kerja.
“Permasalahan ini akibat dampak dari moratorium kementrian kelautan dan perikanan,” kata Sondakh sembari berharap hal ini akan menjadi perhatian pemerintah pusat dan Komisi IV DPR RI.


Sementara itu Ketua Komisi IV DPR RI, menyampaikan bahwa kunjungan kerja di Kota bitung guna meninjau langsung lokasi industri perikanan kota Bitung dan permasalahannya, akan dijadikan acuan untuk nantinya diperjuangkan di pemerintah pusat . “Tentunya apspirasi yang diserap pada dalam kunjungan kali ini, akan nanti kami perjuangkan dalam rapat di PUSAT bersama pihak KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN,  terlebih berbagai masalah industri perikanan yang dihadapi Kota Bitung, yang perlu mendapatkan perhatian guna kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.
Foto Bersama
Dialog Terbuka Dengan Komisi IV DPR-RI

Pemaparan dari Kepala PPS Bitung


Antuisme para hadirin untuk mendengarkan pemaparan anggota DPR RI


Laporan :Abdul Karim/Penyuluh Perikanan

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Yahoo News: Top Stories