Jadilah yang Pertama

"baik atau buruk informasi yang anda sampaikan, yang pertama akan selalu diingat"

Rabu, 15 Mei 2013

LAPORAN PELAKSANAN KEGIATAN MENGIKUTI BIMBINGAN TEKNIS TENAGA PENDAMPING DESA (TPD)/ PENYULUH PADA PROGRAM CCD IFAD ATAU PEMBANGUNAN MASYRAKAT PESISIR
oleh : 
                       SYAHRUL ARIFIN THALIB, A.Md

 
Latar Belakang  

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembangunan masyarakat pesisir atau Coastal Community Development Project (CCD-IFAD), Project Management Office (PMO) CCD IFAD bermaksud menyelenggarakan bimbingan teknis bagi tenaga Pendamping Desa/Penyuluh. 

         Tujuan 
Bimbingan teknologi TPD/Penyuluh kegiatan pembangunan masyarakat pesisir bertujuan untuk membekali keterampilan, pengetahuan dan sikap para TPD/Penyuluh dalam menunjang kegiatan CCD IFAD di daerah mereka, sehingga mampu menjadi ujung tombak dalam mensukseskan kegiatan pembangunan masayarak pesisir ini.    

Waktu dan tempat
Kegiatan bimbingan teknis dilaksanakan pada tanggal 29 April – 3 Mei 2013, yang bertempat di Hotel Parama PUNCAK, Jl. Raya Puncak Km 22 Cisarua Puncak, Bogor.
         
          Hasil pelaksanaan
Hasil pelaksanaan kegiatan diuraikan sebagai berikut : 

  • Kegiatan diikuti 72 orang yang terdiri dari 32 orang TPD dan 32 orang penyuluh dari utusan 12 kabupaten/kota seluruh Indonesia
  • Kegiatan dimulai pada hari senin sampai jumat, mulai dari olahraga pagi penerimaan materi sampai sore dan dilanjutkan malam hari sampai jam 10 malam.
  • Materi-materi bimbingan teknis meliputi teknis manajemen project yang menggambarkan perjalanan program dari titik nol sampai pada kesuksesan kegiatan pembangunan masyarakat pesisir, baik prosedur serta tahap-tahap kegiatan yang berjalan selama lima tahun.
  • Materi kebijakan strategi penyuluhan perikanan yang disampaikan oleh Kasubdin ketenaga kerjaan dari pusat penyuluhan SDMKP yang mengupas tentang peran serta penyuluh perikanan dalam menunjang kegiatan pengembangan masyarakat pesisir CCD IFAD
  • Materi konsepsi rawan pangan dan rawsan gizi mengangkat tujuan IFAD yang memperhatikan masalah pangan dan nutrisi gizi bagi masyarakat dunia
  • Materi Participatory Rural Appraisal (PRA) yaitu metode mengidentifikasi wilayah binaan Ifad dan menggali potensi sampai pada pemecahan masalah.
  • Materi manajemen konflik yaitu metode mengedintifikasi masalah yang terjadi di daerah sehingga kita dapat mengenal karakteristik masyarakat setempat.
  • Materi komunikasi efektif yaitu berkaitan dengan cara berkomunikasi baik dari perseorangan maupun masal
  • Materi Monitoring dan Evaluasi yaitu materi penutup yang sangat penting, dimana membahas pelaporan tentang perkembangan kegiatan monitoring berjalannya kegiatan dan evaluasi pencapaian tujuan.
  Penutup 
Bimbingan teknis TPD/Penyuluh program pembangunan masyarakat pesisir sangat dibutuhkan oleh tenaga lapangan baik tpd maupun penyuluh dimana sebagai acuan untuk melaksanakan kgiatan di walayah binaan sehingga berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan untuk kesuksesan kegiatan agar mencapai tujuan yang diharapakan.
 

1 komentar:

Entri Populer

Yahoo News: Top Stories