Jadilah yang Pertama

"baik atau buruk informasi yang anda sampaikan, yang pertama akan selalu diingat"

Kamis, 21 Februari 2013

Perekrutan Tenaga penyuluh dan Tenaga Pendamping di Kementerian Kehutanan Tahun 2013

Kali ini kami akan berbagi info tentang gambaran formasi penerimaan CPNS Kementerian Kehutanan Tahun 2013. Informasi penerimaan CPNS di Kemenhut ini di ambil dari http://www.wikijobpedia.com/2013/01/gambaran-formasi-penerimaan-cpns.html
bagi anda yang akan mengikuti ujian Penerimaan CPNS di kementerian kehutanan, berikut kami berikan gambaran penerimaan CPNS di kementerian kehutanan tahun 2013, yang penerimaannya akan dimulai dari jenjang SMK sederajat sampai dengan jenjang S2
  1. SKMA Kementerian Kehutanan.
  2. SMK jurusan : Kehutanan, Elektro, Perikanan-Kelautan, Pertanian-Perkebunan.
  3. Diploma III (D.III) : Kehutanan, Kearsipan, Sekretaris, Perpustakaan, Manajemen/Teknik Informatika, Kimia, Hukum, Geografi, Ekonomi Akuntansi, Biologi, Administrasi Perkantoran dan Administrasi Negara.
  4. Sarjana (S1) : Kehutanan, Statistik-Matematika, Sosiologi, Sosial Politik, Silvikultur, Sastra Inggris, Peternakan, Pertanian (Agronomi), Pertanian (Sosial Ekonomi), Pertanian (Proteksi Tanaman), Pertanian(Ilmu Tanah), Pertanian (Hama Penyakit), Perpustakaan, Mikrobiologi, Manajemen/Teknik Informatika,Manajemen Sumber Daya Perairan/Perikanan, Komputer, Kimia, Kelautan, Kedokteran Hewan, Kearsipan, Ilmu Lingkungan, Ilmu Komunikasi, Hukum, Hidrologi, Geografi, Geodesi, Fisiologi Tanaman, Ekonomi Perbankan, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Akuntansi, Design Grafis, Biologi, Entomologi, Biokimia, Administrasi Negara.
  5. Pascasarjana (S2) : Kehutanan, Kebijakan Publik, GIS
Gambaran tersebut adalah didasarkan pada formasi tahun sebelumnya sebelum moratorium CPNS diberlakukan. Penerimaan CPNS Kementerian Kehutanan tahun ini selain akan memperbesar perekrutan tenaga penyuluh dan tenaga pendamping yang akan ditempatkan di Taman Taman Hutan Indonesia dan Suaka Margasatwa, perekrutan dalam formasi jabatan lain pun akan dilakukan berhubung banyaknya pegawai yang pensiun sejak diberlakukannya moratorium CPNS.

Untuk Ujian penerimaan CPNS selain akan menggunakan sistem passing grade yang didasarkan pada penilaian Test Kepribadian, Intelegensi Umum dan test Wawasan Kebangsaan, Test CPNS akan juga ditambahkan mengenai kompetensi kehutanan untuk mengukur kemampuan peserta ujian dalam bidang kehutanan.
Penerimaan CPNS diprediksi akan sangat berjubel oleh peminat calon abdi Negara. Selain akibat diberhentikannya moratorium CPNS sesuai pernyatann WAPRES Budiono dalam pernyataannya pada akhir Desember 2012, juga dikarenakan ada perencanaan Gaji PNS akan diubah sesuai Jabatan dan Kinerja sebagaimana pernyataan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo di JCC pada senin tanggal 28 Januari 2013.

Berikut adalah contoh soal test dalam bidang kehutanan
  1. Penggunaan Kawasan Hutan diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 61 tahun 2012, PP ini adalah merupakan pengganti dari PP sebelumnya yaitu
A. PP Nomor 22 Tahun 2002
B. PP Nomor 03 Tahun 2007
C. PP Nomer 17 Tahun 2008
D. PP Nomor 13 Tahun 2009
E. PP nomor 24 tahun 2010
Untuk Contoh soal test lainnya di bidang kehutanan silakan lihat di bagian Test CPNS Kehutanan

Dalam rangka reformasi sistem penerimaan CPNS, rencana tahun 2013 ini penerimaan CPNS akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dimana dengan sistem ini penerimaan CPNS bisa dilakukan setiap hari dan bukan setahun sekali. Sistem ini diprediksi bakal meminimalisir kecurangan dalam penerimaan CPNS.
Manfaat penggunaan CAT yaitu tersedianya keseluruhan materi soal terdiri dari Tes Pengetahuan Umum, Tes Kepegawaian, dan Tes Skala Kematangan. Disamping itu setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh aplikasi CAT. Sehingga kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan lembar Jawaban Komputer (LJK). Begitu juga dengan penilaian yang dilakukan secara obyektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT. Dengan demikian Peserta ujian dapat memantau sisa waktu yang tersedia melalui layar monitor setiap saat selama ujian berlangsung. Contoh bentuk Ujian Sistem CAT, bisa anda dapatkan dalam Paket LKIT 2013, bagian software TPU Khusus CPNS 2013

Jika memang sistem ini diberlakukan, maka CPNS nanti akan berubah nama menjadi CASN yaitu Calon Aparatur Sipil Negara, dimana yang awalnya disebut Penerimaan CPNS berubah menjadi Penerimaan CASN atau  Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara.

Wakil Kemenpan, Eko Prasojo menyatakan bahwa pihaknya sedang membangun sistem seleksi ini dan dalam paparannya menyatakan "CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS"

So…bagi yang akan ikut…bersiaplah dengan sebaik-baiknya 


Tidak ada komentar:

Entri Populer

Yahoo News: Top Stories