Jadilah yang Pertama

"baik atau buruk informasi yang anda sampaikan, yang pertama akan selalu diingat"

Rabu, 11 Mei 2016

PENYULUH PPS BITUNG FASILITASI PEMBINAAN MUTU, PENGOLAHAN DAN PEMASARAN SERTA DISTRIBUSI HASIL PERIKAAN DI PPS BITUNG

Rapat koordinasi fasilitasi pembinaan mutu, pengolahan dan pemasaran serta distribusi hasil perikanan dipimpin oleh Kasie. Pelayanan Usaha dan Kasie. Tata Kelola Sapras Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung yang didampingi oleh Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bitung hari Rabu, 11 Mei 2016 bertempat di Ruang Rapat PPS Bitung. Undangan yang hadir berjumlah kurang lebih 25 orang  terdiri dari perwakilan UPI (PT. Golden Bridge International, PT. Blue Ocean  Grace International, dan  PT. Sari Tuna Makmur), PT. Perikanan Nusantara,  stakeholder/ pemangku kepentingan khususnya para penjual ikan/ Tibo-tibo di TPI, para pemilik tong ikan, pengguna jasa di TPI, agen penyedia es balok/kroco, petugas TPI, petugas mutu pelabuhan dan penyuluh perikanan PPS Bitung. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada bulan Februari 2016,  dengan menghasilkan kesimpulan sebagai berikut :
1.    Tindak lanjut dari rapat  pada tanggal 29 Februari  adalah dilakukan perbaikan lampu penerangan di TPI, perbaikan keramik/ lantai TPI, dan mengkoordinir  para penjual ikan/ Tibo-tibo di TPI agar mendapatkan tanda pengenal khusus
2.    Permasalah yang masih ditemukan di TPI adalah para penjual  ikan masih meletakkan ikannya di lantai, ikan masih diperlakukan dengan kasar/ dibanting ke lantai, para penjual  ikan menghancurkan es batu ke lantai/ aspal mengakibatkan lantai/ aspalnya rusak, Fasilitas kurang memadai  (kurangnya tong penampung ikan apabila ikan tidak laku dijual/ ikan melimpah,  tingginya meja penjualan mengakibatkan sulit  diangkatnya ikan yang berukuran besar  ke atas meja dan juga  Tidak adanya kran Air sehingga sulit untuk membersihkan meja penjualan adanya para penjual produk non ikan (penjual asongan, dan jajanan), yang terakhir diduga adanya pencemaran limbah pada salah satu UPI yang ada di PPS Bitung

3.    Dari beberapa masalah di atas ditemukan beberapa alternative pemecahan masalah diantara adalah  sebagai berikut:
ü  Melakukan penyuluhan dalam merubah prilaku dan sikap para penjual ikan/ tibo-tibo agar dapat menjaga kualitas mutu ikan yang akan dijual serta tidak menghancurkan es batu ke lantai mengakibatkan lantainya rusak
ü  Menjalin komunikasi, koordinasi dan kerja sama yang baik antara stakeholder/ pemangku kepentingan khususnya para penjual ikan/ Tibo-tibo di TPI dengan petugas di TPI atau PPS Bitung
ü  Menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana (menyiapkan tong, keranjang, , memperbaiki keramik/ lantai yang rusak, merubah setelan meja penjualan agar mudah meletakkan ikannya, menyiapkan kran air dekat meja penjyualan, dll)
ü  Diharapkan sistem lelang ikan bisa aktif kembali dengan difasilitasi oleh aturan pengelolaan yang jelas sehingga TPI tertib kembali
ü  Menertibkan kembali TPI dengan melibatkan semua unsur yang ada di kawasan Pelabuhan perikanan
ü  Mengusulkan pengelolaan Limbah terpadu serta perbaikan semua saluran drainase sehingga bermuara disuatu tempat di PPS Bitung,  dan segera mengevaluasi system IPAL yang ada didalam kawasan PPS Bitung


4.    Stakeholder/ pemangku kepentingan khususnya para penjual ikan/ Tibo-tibo di TPI sangat antusias dan merespon baik serta menerima hasil dari keputusan rapat pada hari ini. Kita semua berharap agar kegiatan di TPI ini bisa berjalan  tertib, aman dan terkendali sehingga terjadi suasana TPI yang kondusif dan terjadi peningkatan taraf hidup bagi para penjual ikan/ Tibo-tibo 

Entri Populer